Penghematan Pelumas Sintetis | Mobil™

Kalkulator

Tom Dietz, Pensiunan Manajer Teknik Pelumas Industri Global, ExxonMobil Bahan Bakar & Pelumas

Saat perusahaan beralih dari pelumas konvensional ke pelumas sintetis kinerja-tinggi, mereka berharap untuk melihat sejumlah manfaat terkait dengan peningkatan keselamatan dan peningkatan kepedulian lingkungan.  Potensi manfaat ini - yang dapat mencakup interval penggantian oli yang lebih panjang, peningkatan efisiensi penggunaan energi dan kinerja peralatan yang lebih handal - mungkin tidak semua dialami dengan segera.
 
Itulah sebabnya penting untuk mengetahui bagaimana mengukur dan mengevaluasi secara tepat kinerja pelumas dan mendokumentasikan capaian peningkatan produktivitas, sehingga memberikan Anda gambaran yang akurat tentang pengembalian hasil atas investasi Anda terkait dengan pengalihan ke pelumas sintetis kinerja-tinggi.
Saat mencoba untuk mengukur secara akurat manfaat terkait dengan perubahan pelumas, Anda harus menilai biaya dan manfaat setiap pelumas selama kurun waktu yang sama.
 
Penghematan seiring waktu = (Biaya terkait dengan Pelumas A) – (Biaya terkait dengan Pelumas B)

Ikuti pedoman di bawah untuk memastikan bahwa Anda menghitung secara tepat manfaat dari konversi pelumas:
 
Bandingkan secara sepadan
Saat membandingkan biaya operasi satu pelumas dengan yang lainnya, selalu pastikan bahwa Anda mengevaluasi biaya selama kurun waktu yang sama. Pertimbangan ini sangat penting bagi penilaian akhir, karena pelumas sintetis sering kali memberikan interval penggantian oli yang lebih panjang. Bila satu pelumas memberikan interval penggantian oli yang 50% lebih panjang dari yang lain, Anda harus menghitung biaya dan manfaat dari setiap teknologi pelumas sepanjang masa pengoperasian yang sama agar dapat menilai kinerjanya secara akurat.
 
Contoh: Penilaian komparatif Anda untuk pelumas yang menawarkan interval penggantian oli sebesar 50% lebih panjang mengungkapkan tiga interval pengisian dan pembuangan dengan pelumas asli untuk setiap dua interval pengisian dan pembuangan dengan pelumas sintetis.
 
Nilai investasi
Saat mengevaluasi konversi pelumas, penting untuk mengetahui bahwa mungkin terdapat biaya satu kali terkait dengan operasi konversi dari satu pelumas ke yang lainnya, dan biaya tersebut harus diikutsertakan dalam perhitungan.
 
Contoh: Pembilasan atau pembersihan total seluruh sistem mungkin diperlukan untuk memperoleh manfaat sepenuhnya dari pelumas pengganti.  Ini dikaitkan dengan biaya tambahan yang perlu dikurangi dari seluruh penghematan yang diperoleh melalui konversi.
 
Pastikan untuk mempertimbangkan aspek-aspek berikut ini ketika menjumlahkan biaya yang terkait:
 
  • Harga pelumas dan bahan sekali pakai: Jumlahkan biaya pelumas yang sedang beroperasi dengan menggunakan harga produk berikut biaya pengiriman untuk setiap produk ke lokasi pabrik Anda. Pastikan untuk mengevaluasi biaya kedua pelumas berdasarkan corak kemasan yang sama, bila memungkinkan. Selain itu, sertakan pula biaya terkait dengan bahan sekali pakai, seperti filter.
  • Harga pembuangan: Ikut sertakan biaya pembuangan pelumas terpakai dalam kurun waktu yang sama untuk setiap percobaan dan masukkan dalam biaya total operasi. 
  • Harga tenaga kerja: Sering kali beralih ke pelumas sintetis akan mengurangi biaya tenaga kerja terkait dengan pemeliharaan rutin, karena dengan berkurangnya penggantian oli berarti juga pengurangan waktu yang diluangkan untuk mengganti oli. Pengurangan biaya tenaga kerja merupakan kredit terhadap keseluruhan biaya konversi ke oli sintetis.
Evaluasi konsumsi energi secara keseluruhan
Selisih dalam konsumsi energi yang diperlukan untuk menggerakkan suatu aplikasi bervariasi antara berbagai teknologi pelumas. Selisih dalam efisiensi pelumas mungkin kecil - sering kali lebih kecil dari 3 persen - membuat hal ini menjadi menantang untuk menentukan biaya energi keseluruhan dalam aplikasi tertentu. Perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan nilai-nilai tersebut dalam lingkungan yang terkendali, dan berupaya untuk menjaga kondisi suhu dan kelembapan sekitar, selama masa pengujian.
 
Dalam pengujian laboratorium, pada umumnya kami menjalankan beberapa kali pengujian efisiensi dan membanding nilai-nilai yang dihasilkan untuk menentukan apakah terdapat variasi di antara percobaan-percobaan tersebut. Jika hasil dari pengujian kedua dari pelumas yang sama menunjukkan perbedaan signifikan terhadap pengujian pertama, mungkin diperlukan data tambahan untuk memahami konsumsi energi keseluruhan dari dua pelumas yang diuji tersebut.
 
Jika konsumsi energi berkurang, maka emisi juga kemungkinan akan berkurang secara proporsional, dan berpotensi menghasilkan kredit terkait. Di ExxonMobil, kami saat ini sedang mengevaluasi nilai pengurangan emisi dengan menggunakan perkiraan sebesar US$ 30 untuk setiap ton CO2 yang dikurangi.
 
Diharapkan, dengan menggunakan metode di atas, Anda dapat menunjukkan keunggulan serupa dari konversi pelumas di lokasi Anda. Silakan berkonsultasi dengan staf Layanan Teknik Lapangan Mobil™ untuk mendapatkan bantuan dalam evaluasi Anda.
 

22/02/2016

  • Engineer giving training

    Layanan Mobil Serv℠

    Pelajari bagaimana layanan teknis Mobil Serv ExxonMobil dapat membantu memberikan bisnis Anda wawasan ahli dan pemeliharaan optimal.

    Baca lebih lanjut
  • Yellow haul truck for mining industry

    Energi

    Untuk industri pembangkitan energi tradisional dan terbarukan – batu bara, matahari dan angin – pelumas industri Mobil™ dirancang bersama dengan pembuat peralatan besar untuk membantu meningkatkan keandalan dan waktu operasi peralatan.

    Baca lebih lanjut
  • Industrial lubrication expert

    FAQ dan tips

    Dapatkan jawaban atas pertanyaan umum (FAQ), temukan kesaksian pelanggan dan pelajari trik untuk memelihara peralatan Anda.

    Baca lebih lanjut