Dasar-dasar program analisis oli | Mobil™

Analisis oli Industri

Oliver Boissel, Teknologi Produk - Penasihat Teknis Produk Industri  EAME, ExxonMobil Bahan Bakar & Pelumas
 
Tujuan dari program analisis oli proaktif adalah untuk melacak perubahan bertahap pada sifat cairan, kontaminan, dan serpihan keausan komponen mesin sehingga tindakan perbaikan dapat dimulai dengan cara yang terkendali, terencana, dan tepat waktu. Mudah untuk melihat pentingnya program analisis oli proaktif, dan berikut adalah proses enam langkah agar Anda dapat memulai dan menjalankan program ini:
 
  1. Identifikasi peralatan kritis bagi misi 
    Tidak selalu perlu untuk melakukan analisis oli pada setiap sistem pelumas di pabrik Anda. Kenali aplikasi kritis yang dapat mengganggu jalannya produksi secara serius jika terjadi perhentian secara tidak terduga.
  2. Daftarkan peralatan Anda
    Penting untuk mendaftarkan peralatan Anda dengan tepat pada laboratorium. Hal ini akan menunjang kegiatan rutin pemantauan pola kecenderungan dan memainkan perang penting dalam mendeteksi secara awal masalah pada pelumas atau peralatan. Tidak perlu memutuskan pengujian mana yang sesuai; laboratorium sudah menyusun daftar pengujian menurut aplikasi spesifik.
  3. Tentukan praktik terbaik analisis oli
    Tentukan proses bagaimana-cara yang konsisten untuk mengambil sampel dari peralatan Anda, dan latih personel pemeliharaan Anda untuk menerapkan praktik tersebut. Teknik pengambilan sampel yang tepat penting sekali bagi nilai yang diperoleh dari data analisis oli.
  4. Lakukan pengambilan sampel oli dan analisis
    Ambil sampel dan kirim ke laboratorium sesegera mungkin karena sampel yang tertunda dapat mengalami perubahan dan memberikan hasil yang tidak representatif. Hasil analisis sampel oli yang saksama membantu untuk menentukan kondisi oli dan sistem Anda.
  5. Lakukan interpretasi
    Tinjau hasilnya dan jika ada, tentukan tindakan apa yang diperlukan. Apabila hasil Anda menampilkan status peringatan, tidak harus berarti bahwa akan segera terjadi kerusakan. Berkonsultasilah tentang hasil dengan status peringatan, dan jika mungkin, ambil kembali sampel pelumas peralatan untuk mengonfirmasikan status tersebut sebelum mengambil tindakan perbaikan.
  6. Ambil tindakan perbaikan dan dokumentasikan hasilnya
    Dokumentasikan semua tindakan perbaikan yang diambil sebagai hasil dari analisis oli. Dokumentasi riwayat analisis oli dan tindakan perbaikan sangat membantu saat menghubungi OEM untuk pekerjaan terkait garansi.

22/02/2016

  • Engineer giving training

    Layanan Mobil Serv℠

    Pelajari bagaimana layanan teknis Mobil Serv ExxonMobil dapat membantu memberikan bisnis Anda wawasan ahli dan pemeliharaan optimal.

    Baca lebih lanjut
  • Yellow haul truck for mining industry

    Energi

    Untuk industri pembangkitan energi tradisional dan terbarukan – batu bara, matahari dan angin – pelumas industri Mobil™ dirancang bersama dengan pembuat peralatan besar untuk membantu meningkatkan keandalan dan waktu operasi peralatan.

    Baca lebih lanjut
  • Industrial lubrication expert

    FAQ dan tips

    Dapatkan jawaban atas pertanyaan umum (FAQ), temukan kesaksian pelanggan dan pelajari trik untuk memelihara peralatan Anda.

    Baca lebih lanjut