Satu oli yang hebat. Satu kisah yang hebat.

Satu oli yang hebat. Satu kisah yang hebat.

Mobil 1™  40th Anniversary Synthetic Motor Oil

Lebih dari 40 tahun lalu, kami memperkenalkan oli kendaraan bermotor Mobil 1™ ke pasar, dan membuatnya menjadi oli kendaraan bermotor fully synthetic pertama yang tersedia secara global. Walaupun saat pertama kali diluncurkan Mobil 1™ ditujukan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan aman, pada formulasi berikutnya oli Mobil 1™ juga menawarkan pelindungan keausan yang luar biasa pada rentang suhu yang lebar.

Kini, setelah lebih dari empat dasawarsa, Mobil 1™ tetap menjadi merek oli kendaraan bermotor fully synthetic terkemuka di dunia. Oli ini mendorong maju melewati batasan teknologi pelumas otomotif dalam menjaga mesin tetap bekerja seperti baru – mil demi mil – sejak 1974. Dari peran vitalnya di dunia olahraga otomotif hingga banyak terobosan ilmiah, oli Mobil 1™ memiliki sejarah yang kaya dengan berbagai suka dan duka. Simak perjalanan di bawah ini.

Awal 1960an

Mobil Grease™ 28 sintetis dikembangkan untuk mencegah bearing roda pesawat militer agar tidak jatuh saat mendarat pada suhu dingin. Oli ini masih digunakan dalam aplikasi pesawat udara di seluruh dunia.

Akhir 1960an

Teknologi oli sintetis bermerek Mobil™ digunakan untuk mengembangkan oli mesin untuk mesin diesel besar yang menggerakkan rig pengeboran minyak di Lereng Utara Alaska pada suhu serendah -40˚C.

1971

Tim Oli Mesin Konsep Baru yang dibentuk untuk mengembangkan oli kendaraan bermotor fully synthetic Mobil 1™ pertama — mencapai sifat yang jauh lebih unggul daripada oli konvensional.

1973

Oli mesin sintetis Mobil 1™ diluncurkan di Eropa, langsung menarik perhatian penggemar mobil dan pemilik mobil mahal dengan performa tinggi. Perubahan formulasi dilakukan untuk menguji penghematan bahan bakar pada tingkat 5W-20 di AS, yang menjadi oli mesin sintetis Mobil 1™.

1974

Oli mesin sintetis Mobil 1™ diperkenalkan secara komersial di AS — menetapkan standar baru dalam teknologi pelumasan.

1978

Sejarah oli Mobil 1™ dalam olahraga bermotor secara resmi mulai dengan mensponsori Tim Balap Formula 1 Williams.

1979

Mobil 1™ ikut dalam Grand Prix sebagai sponsor dan mitra teknis tim Williams; Mobil 1™ membantu tim Williams meraih lima kemenangan musim itu.

1987

ExxonMobil mensponsori tim F1 Benetton.

Merek Mobil 1™ memulai musim NASCAR sebagai sponsor rekanan Mobil™ No. 27 Rusty Wallace. Pada jalur jalan berliku di Watkins Glen pada Agustus 1987 Wallace melintasi jalur kemenangan dan memberikan kemenangan NASCAR pertama bagi Mobil 1™.

1988

Hubungan ExxonMobil dengan tim Williams mencapai puncak dengan 40 kemenangan balap, empat gelar Perancang Konstruksi Kendaraan, dan tiga gelar Pembalap.

1989

Lini produk konsumen Mobil 1™:

  • Mobil 1™ Synthetic Grease
  • Mobil 1™ Synthetic Gear Lubricant
  • Mobil 1™ Synthetic Automatic Transmission Fluid (ATF)

Uji Satu Juta Mil: BMW 325i diisi dengan oli mesin sintetis Mobil 1™, kemudian dijalankan terus-menerus selama empat tahun. Setelah berkendara berat yang setara dengan satu juta mil, mesin dibongkar dan diperiksa, mengungkapkan bahwa tidak ada tanda keausan yang signifikan.

Rusty Wallace memenangi poin klasemen NASCAR Winston Cup Series dan memberi Mobil 1™ kejuaraan “stock car” pertamanya.

1992

Chevrolet Corvette keluar dari lini produksi telah terisi pabrik dengan oli mesin sintetis Mobil 1™.

Oli mesin sintetis Mobil 1™ formula baru diperkenalkan, menyediakan peningkatan pelindungan mesin pada suhu tinggi.

1995

Mobil™ / Mercedes-Benz bermitra dengan Tim McLaren Mercedes, memulai pengembangan produk terpadu dengan hasil di dalam dan di luar arena balap.

1996

Mobil 1™ Advanced Formula diluncurkan, dengan peningkatan kinerja anti-aus dan tingkat fosfor lebih rendah untuk meningkatkan usia konverter katalitik.

Mobil 1™ Extreme Formula 0W-30 diluncurkan, dengan menyediakan pelindungan suhu istimewa dari 400˚F hingga lebih dingin dari -50˚F.

Porsche beralih ke oli kendaraan bermotor sintetis Mobil 1™ 0W-40 sebagai isian pabrik dan rekomendasi isian servis untuk model 1996.

1997

Teknologi SuperSyn memungkinkan mobil Tim McLaren Mercedes menunjukkan performa maksimal dalam kondisi balap ekstrem dan meminimalkan tekanan mesin.

Mercedes Benz dan Aston Martin telah terisi pabrik dengan oli mesin sintetis Mobil 1™.

1998

Tim McLaren Mercedes menjuarai Gelar Kejuaran Balap Mobil™ Formula 1 untuk Pembalap dengan 100 poin dan Gelar Perancang Konstruksi Kendaraan dengan 156 poin.

1999

Mika Häkkinen dari Tim McLaren Mercedes menjuarai gelar juara dunia pebalap Kejuaraan Formula 1 untuk kedua kalinya dalam dua musim berturut-turut dengan 76 poin.

Mobil meluncurkan Tri-Synthetic Formula, menawarkan peningkatan pelindungan keausan, membuat mesin berjalan lebih bersih, dan daya tahan pada suhu tinggi dan rendah yang lebih baik.

Ford Mustang Cobra R, mobil model tahun 2000 telah terisi pabrik dengan oli mesin sintetis Mobil 1™.

Oli Sepeda Motor Mobil 1™ diperkenalkan.

2001

Semua mobil Mercedes Benz keluar dari lini produksi dengan lencana servis yang merekomendasi oli mesin sintetis Mobil 1™.

2002

Mobil 1™ dengan Super-Syn diperkenalkan untuk perlindungan pada penggunaan yang paling ekstrem, menggunakan teknologi yang awalnya dikembangkan untuk mobil Formula 1 Tim McLaren Mercedes.

2003

Oli mesin sintetis Mobil 1™ dipilih sebagai peralatan asli pada mobil kupe Bentley Continental GT.

Sukarelawan memulai Ekspedisi 16 bulan Berkeliling Dunia, menempuh 28,000 mil dengan oli mesin sintetis Mobil 1™ — dari 53°C di Gurun Pasir Mojave hingga -50°C di Siberia — sebelum mengganti oli.

Mobil 1™ menjadi mitra resmi NASCAR, seri olahraga-bermotor utama di Amerika Serikat.

2004

Pelindungan Sistem Emisi (ESP) diluncurkan. Berdasarkan teknologi “Abu Rendah” Mobil™, ESP memperpanjang usia sistem pengurang emisi pada mesin diesel dan bensin selagi mempertahankan kinerja tinggi oli mesin sintetis Mobil 1™.

Formula baru Mobil 1™ Truck and SUV 5W-40 melindungi mesin yang bekerja keras pada suhu tinggi dan memberikan pelindungan penyalaan dingin yang luar biasa bagi pickup, van, utilitas sport, dan truk kelas ringan dan sedang lainnya.

2005

Oli mesin sintetis Mobil 1™ Extended Performance diluncurkan. Diuji di Las Vegas Taxicabs, setelah pengujian ekstrem 100,000 mil dengan interval penggantian oli 15,000 mil, membuktikan pelindung keausan yang luar biasa terhadap komponen mesin kritis dan kebersihan mesin yang istimewa.

2006

Pada 12 Mei 2006, rute tercepat dunia (HSV Z Series Maloo R8 Ute) berangkat dari Melbourne dan menjalani trek menantang selama 6 bulan keliling Australia - 37,000 km di semua jenis jalan tanpa penggantian oli satu kali pun. Setelah selesai perjalanan, mesin diinspeksi dan ditemukan sangat bersih.

2007

Oli mesin sintetis Mobil 1™ dipilih sebagai oli isian pabrik untuk semua model Cadillac Escalade dan DTS 2008, membuat Mobil 1™ menjadi oli standar dalam setiap kendaraan Cadillac 2008 yang keluar dari lini produksi.

2008

Oli kendaraan bermotor sintetis Mobil 1™ 0W-40 dipilih sebagai oli kendaraan bermotor isian pabrik dan servis selanjutnya untuk NISSAN GT-R 2008. Kinerja unggul oli Mobil 1™ ditegaskan melalui berbagai uji kinerja dan lapangan yang dilakukan Nissan. Oli Mobil 1™ dipilih sebagai mitra terbaik untuk mendapatkan kinerja istimewa dari NISSAN GT-R.

2011

Pada tahun pertamanya bersama Tony Stewart sebagai pengemudi dan Mobil 1™ di dapur pacu, tim Stewart-Haas Racing meraih kemenangan kejuaraan NASCAR pertamanya pada balapan terakhir musim itu dengan margin 1,306 detik.

2012

Oli mesin sintetis Mobil 1™ terus mendapatkan kepercayaan dari produsen mobil, dengan status sebagai peralatan asli pada Porsche model 2012, Mercedes AMG, Chevrolet Corvette, Nissan GT-R, Lexus LFA, dan banyak lagi.

2014

Oli kendaraan bermotor Mobil 1™ merayakan 40 tahun sejak dikenalkan sebagai oli kendaraan bermotor otomotif fully synthetic pertama yang tersedia secara global.

2017

Oli kendaraan bermotor fully synthetic terbaik Mobil 1™ Annual Protection diperkenalkan. Merepresentasikan terobosan dalam teknologi sintetis, oli kendaraan bermotor yang baru ini secara ilmiah terbukti memperpanjang usia oli, memberikan pelindungan selama satu tahun antara penggantian oli atau 20,000 mil, mana saja yang lebih dahulu – dijamin.*

*Harap ikuti rekomendasi dalam manual pemilik selama mobil Anda masih dalam garansi.