Pertanyaan umum (FAQ) perawatan mobil

Oli kendaraan bermotor mengalami kerusakan seiring waktu. Saat rusak terurai, oli kehilangan efektivitasnya dan tidak lagi dapat melindungi mesin Anda dengan benar.

Selain melumasi komponen bergerak mesin, oli kendaraan bermotor dirancang untuk membawa produk sampingan hasil pembakaran menjauh dari piston dan silinder. Oli dirancang untuk menanggulangi sejumlah kecil air yang terbentuk saat mesin panas dan dingin, dan mengumpulkan kotoran serta debu yang masuk ke mesin melalui sistem saluran masuk udara. Oli juga menanggulangi asam yang terbentuk oleh reaksi antara air dan kontaminan lain. Bahkan terkadang ada kebocoran bahan bakar (pengenceran oleh bahan bakar) atau kebocoran cairan pendingin yang masuk ke dalam sistem oli.

Selagi mobil dikendarai, tingkat kontaminasi dalam oli kendaraan bermotor terus meningkat. Filter oli menyingkirkan partikel saat oli melaluinya, tetapi seiring waktu, aditif oli habis terpakai dan oli itu sendiri dapat mulai mengalami degradasi (teroksidasi atau mengental). Pada titik itu, oli tidak lagi dapat melakukan tugasnya dan harus diganti.

Tingkat terjadinya kontaminasi dan penyusutan aditif tergantung pada banyak variabel. Kondisi berkendara dapat sangat berbeda dan memiliki pengaruh langsung pada usia pakai oli. Faktor lain meliputi ketepatan penyalaan, injeksi bahan bakar atau penyetelan karburator, servis pembersih udara, dan kondisi mekanis mesin secara umum.

Oli harus diganti sebelum tingkat kontaminasi mencapai titik yang dapat menyebabkan kerusakan mesin. Karena sulit bagi setiap pengguna kendaraan untuk menentukan kapan tingkat kontaminasi terlalu tinggi, produsen mobil menyediakan interval penggantian oli yang direkomendasi. Rekomendasi penggantian ini berbeda berdasarkan tahun model dan produsen. Interval dan batas jarak tempuh yang direkomendasi juga berbeda berdasarkan jenis layanan yang dijalani oleh mobil. Penggantian oli yang lebih sering adalah direkomendasi untuk layanan berat

Teknisi bekerja untuk menetapkan viskositas optimal untuk oli, berdasarkan kondisi beban dan kecepatan. Mereka menyeimbangkan oli lebih ringan – atau viskositas rendah –, yang menyediakan ketahanan terhadap gerakan sehingga menghemat bahan bakar dan secara efisien mentransfer daya kuda, dengan oli lebih berat – atau viskositas tinggi – yang tahan terhadap kondisi tekanan keluar pada area kontak di antara permukaan logam.

Faktor yang membuat rumit adalah bahwa viskositas oli bervariasi saat suhu berubah – lebih encer saat panas, dan lebih kental saat dingin. Pada suhu rendah, kita perlu oli kendaraan bermotor yang mengalir dengan mudah (tidak terlalu kental atau berbentuk gel). Pada suhu tinggi, kita perlu oli kendaraan bermotor yang tidak menjadi terlalu encer dan memungkinkan kontak antar logam. Untuk mengatasi ini, teknisi mengembangkan oli kendaraan bermotor multigrade.

Viskositas adalah ukuran ketahanan suatu cairan untuk mengalir. Cairan dengan viskositas rendah mengalir dengan mudah dan sering disebut sebagai “encer”. Air adalah contoh cairan dengan viskositas relatif rendah. Cairan dengan viskositas tinggi seringkali digambarkan sebagai “kental”. Sirop pohon maple adalah contoh cairan dengan viskositas relatif tinggi.

Jika asap relatif berwarna biru atau biru/hitam, itu mengindikasikan bahwa oli terbakar bersama bahan bakar. Kemungkinan penyebabnya adalah ring piston yang aus atau viskositas oli terlalu rendah.

Jika asap berwarna hitam, itu mengindikasikan bahan bakar yang dibakar berlebihan.

Jika asap berwarna putih, itu mungkin hanya uap dalam mesin yang dingin dan sistem saluran pembuangan yang ikut terbakar. Jika terdapat banyak asap dan berlanjut dalam waktu yang lama, Anda mungkin mengalami kebocoran cairan pendingin internal.

Oli mesin saat ini diklasifikasikan berdasarkan kode dua huruf. Kategori oli mesin bensin diawali dengan huruf S (awalnya berarti oli mesin “Spark Ignition”, kita sekarang mengartikan S dengan “Service”). Kategori oli mesin diesel diawali dengan huruf C (awalnya berarti oli mesin “Compression Ignition”, kita sekarang mengartikan C dengan “Commercial”).

Huruf kedua adalah penentuan urutan peningkatan tingkat kualitas seiring waktu. Dengan kata lain, ketika tingkat kualitas industri baru ditetapkan, huruf berikutnya dalam alfabet digunakan (jadi SJ menggantikan SH). Huruf “I” dan “K” sengaja dilewati untuk mengurangi potensi kekeliruan dengan penetapan lain yang umum digunakan.

Nomor indeks viskositas (VI) adalah ukuran perubahan relatif dalam viskositas oli pada suatu rentang suhu. SEMAKIN TINGGI indeks viskositas, SEMAKIN KECIL perubahan viskositas akibat suhu. VI tidak terkait dengan viskositas aktual atau viskositas SAE, tetapi merupakan ukuran tingkat perubahan viskositas.

Angka VI biasanya digunakan hanya sebagai indikator. Hasil kinerja aktual dari uji daya pompa suhu rendah dan uji keausan suhu tinggi untuk oli kendaraan bermotor merupakan alat perkiraan yang lebih baik atas kinerja oli pada mesin.

Umumnya, oli multigrade (0W-40, 10W-30, dll.) akan memiliki indeks viskositas tinggi. Oli monograde (SAE 30, 40, dll.) akan memiliki indeks viskositas yang lebih rendah.

Lampu peringatan oli Anda dapat menyala karena sejumlah sebab termasuk: level oli rendah, pompa oli mengalami gangguan, sensor tekanan oli rusak, penyumbatan pada sistem oli, dan busa berlebih pada oli. Pada semua kasus, Anda harus mematikan mesin Anda secepat mungkin secara aman. Melanjutkan pengoperasian mesin Anda dengan tekanan oli rendah akan mengakibatkan kerusakan mesin serius.

  • Cars

    Mobil

    Setiap botol oli merupakan hasil penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun. Temukan berbagai oli mesin yang sesuai untuk mobil Anda.

    Baca lebih lanjut
  • Catatan Kinerja Mobil 1™

    Catatan Kinerja Mobil 1™

    Mobil 1™ dirancang untuk menjaga agar mesin Anda terlindungi dan berkinerja dalam berbagai kondisi ekstrem yang ada di bumi ini. Gulir melalui beberapa tes yang mendukung klaim kami, agar membantu Anda memahami mengapa kami berkata bahwa Mobil 1™ menjaga agar mesin Anda berkinerja seperti baru.

    Baca lebih lanjut
  • what experts say

    Pelumas yang Direkomendasikan Para Ahli

    Mobil 1™ memberikan kinerja & pelindungan paling modern terhadap keausan mesin. Jangan langsung percaya kata-kata kami. Dengarkan apa kata para ahli.

    Baca lebih lanjut