Menanggulangi Varnish | Mobil™

Menanggulangi Varnish

Jim Hannon, Penasihat Teknis Pelumas Industri, ExxonMobil Penelitian dan Rekayasa

Satu masalah umum yang senantiasa dihadapi para operator dalam industri pembangkitan listrik adalah pembentukan varnish. Varnish secara historis telah digunakan sebagai istilah umum untuk endapan oli, tetapi secara khusus merujuk pada residu organik keras yang tidak larut dalam oli, yang tidak dapat dengan mudah dihilangkan dari komponen mekanis dengan cara menyeka.

Varnish dan lumpur, residu organik lunak dan lentur, yang dapat dengan mudah dikeluarkan dari berbagai komponen, terbentuk dengan cara yang berbeda dan terdapat banyak faktor yang berkontribusi terhadap pembentukannya. Berikut ini tiga mekanisme utama pembentukan varnish:

  • Degradasi termal oli yang dapat terjadi pada suhu di atas 300°C
  • Oksidasi, reaksi yang menyebabkan dekomposisi oli
  • Kontaminasi oli yang berasal dari sumber internal atau eksternal
servo valve filter 
Perbandingan filter katup servo dengan varnish/lumpur dengan filter baru
 
Menurut survei ExxonMobil Bahan Bakar & Pelumas dari 192 pembangkit daya turbin gas, menjalankan gabungan 626 turbin gas, sekitar 40 persen operator turbin melaporkan masalah saat ini atau riwayat terdahulu tentang adanya varnish dalam enam tahun pertama pengoperasian.

Terkait dengan varnish, turbin dengan reservoir bersama yang melayani sistem hidraulik dan pelumasan bearing jauh lebih rentan terhadap perhentian mendadak atau tidak bisa menyala, dibandingkan dengan turbin dengan reservoir terpisah. Selain itu, varnish ringan dapat berakumulasi pada journal dan thrust bearing dengan sedikit atau tanpa dampak pada suhu bearing atau rotasi poros. Karena alasan ini, deteksi dan pencegahan dini terhadap munculnya varnish pada oli sangatlah penting untuk dilakukan bagi unit yang menggunakan reservoir oli hidraulik/turbin secara bersama, dibandingkan dengan turbin yang menggunakan reservoir hidraulik dan turbin secara terpisah. 

Varnish ringan dapat berakumulasi pada journal dan thrust bearing dengan sedikit atau tanpa dampak pada suhu bearing atau rotasi poros, dan perhentian mendadak atau tidak bisa menyala jarang terjadi, kalau ada, dilaporkan akibat varnish pada bearing turbin. Karena alasan ini, Saya ingin menekankan bahwa praktik untuk mendorong deteksi dan pencegahan varnish sebaiknya difokuskan pada turbin yang menggunakan reservoir oli hidraulik dan turbin secara bersama.

Teori varnish

Meskipun menangani gejala varnish dengan menggunakan teknologi peringanan dapat memperpanjang usia pakai, untuk operasi yang andal, penting untuk mengawali dengan sistem yang bersih dan menggunakan oli turbin yang dirancang untuk mencegah pembentukan varnish. Formulasi yang diseimbangkan dengan baik yang menggunakan oli dasar berkinerja tinggi dan aditif berteknologi terkini akan menjadi lini pertahanan terdepan Anda melawan pembentukan lumpur dan varnish. Secara umum, oli dasar berkualitas lebih tinggi dipadukan dengan aditif berteknologi terkini memberikan pelindungan terbaik terhadap varnish.

Ada detail-detail tambahan yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih pelumas turbin gas yang diseimbangkan dengan baik.

Area pertimbangan pertama adalah kemampuan oli turbin untuk mengendalikan endapan. Beberapa jenis oli menghasilkan lebih banyak endapan dibandingkan dengan yang lainnya, tetapi memilih oli turbin terkini yang diformulasikan untuk membatasi pembentukan lumpur dan varnish serta menjaga agar endapan tetap tersuspensi akan sangat mengurangi risiko pembentukan varnish.
Contoh varnish pada filter katup
Foto-foto di atas menunjukkan pembentukan varnish pada empat jenis oli yang tersedia secara komersial.
 
Area kedua yang perlu dipertimbangkan adalah kestabilan oksidasi oli. Suhu bearing turbin yang mendekati 120°C, dikombinasikan dengan metalurgi peralatan, kontaminan, dan udara yang terbawa, berkontribusi terhadap proses oksidasi yang mendahului pembentukan varnish. Untuk mengatasi reaksi ini, pilihlah pelumas yang menggunakan oli dasar turbin berkualitas lebih tinggi serta aditif dan antioksidan yang dipilih secara saksama. Berikutnya, pertimbangan pelepasan udara dan pengendalian busa.

Pada oli dengan kinerja pelepasan udara yang buruk, udara yang terbawa dapat terkompresi di dalam bearing turbin atau pompa hidraulik bertekanan tinggi yang akan mengakibatkan kompresi adiabatik (juga dikenal sebagai micro dieseling). Kompresi adiabatik dapat menyebabkan terjadinya peningkatan suhu setempat yang tinggi pada oli yang menunjang pembentukan varnish.

Pembentukan busa berlebih pada permukaan dapat mempercepat proses oksidasi dan menyebabkan masalah operasional, seperti kesulitan untuk mengukur ketinggian pelumas atau terjadinya luapan pada reservoir oli. Oli yang diformulasikan untuk mendukung pelepasan udara yang cepat dan pembentukan busa yang minimal akan memberikan pelindungan unggul terhadap pembentukan varnish.

Filterabilitas dari cairan, atau kemampuan untuk melewati filter dengan dengan penurunan tekanan yang minimal adalah pertimbangan kinerja lain yang akan berkontribusi pada pembentukan varnish pada filter. Oli dengan filterabilitas yang buruk akan memuati filter secara lebih cepat dibandingkan dengan oli yang memiliki filterabilitas yang baik, yang biasanya diterjemahkan menjadi penggantian filter yang lebih sering.

Selanjutnya Anda harus mempertimbangkan kinerja pelindungan anti-karat dan korosi, karena karat dan korosi juga dapat berkontribusi pada oksidasi dan pembentukan varnish yang berbasis kontaminan. Untuk alasan ini, Anda harus mencari oli yang diformulasikan untuk meminimalkan pembentukan karat dan korosi.

Terakhir, pertimbangkan kemampuan oli untuk melindungi dari keausan.

Keausan pada komponen hidraulik tekanan tinggi, roda gigi pada gearbox aksesori, roda gigi reduksi generator atau turning gear dapat secara langsung berdampak pada kinerja turbin. Materi keausan dari komponen-komponen tersebut dapat menjadi sumber tidak langsung dari pembentukan varnish karena materi tersebut dapat bertindak sebagai katalis proses oksidasi.

22/02/2016

  • Engineer giving training

    Layanan Mobil Serv℠

    Pelajari bagaimana layanan teknis Mobil Serv ExxonMobil dapat membantu memberikan bisnis Anda wawasan ahli dan pemeliharaan optimal.

    Baca lebih lanjut
  • Yellow haul truck for mining industry

    Energi

    Untuk industri pembangkitan energi tradisional dan terbarukan – batu bara, matahari dan angin – pelumas industri Mobil™ dirancang bersama dengan pembuat peralatan besar untuk membantu meningkatkan keandalan dan waktu operasi peralatan.

    Baca lebih lanjut
  • Industrial lubrication expert

    FAQ dan tips

    Dapatkan jawaban atas pertanyaan umum (FAQ), temukan kesaksian pelanggan dan pelajari trik untuk memelihara peralatan Anda.

    Baca lebih lanjut