Pertanyaan umum
pouring oil into a funnel

Pertanyaan umum (FAQ) PC-11

 

Jika Anda masih ada pertanyaan tentang Kategori Usulan 11 (PC-11), Anda datang pada tempat yang tepat. Pelajarilah segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang perubahan spesifikasi oli mesin diesel yang mutakhir di sini.

Berdasarkan topik:

  • Manajer armada
  • OEM
  • Armada
  • Operator Pemilik
  • ExxonMobil
  • Oli CK-4
  • Oli FA-4

Kategori Usulan 11 (PC-11) adalah pengembangan kategori oli yang menetapkan dua spesifikasi oli mesin diesel – satu dengan kompatibilitas mundur untuk teknologi mesin yang lebih lama (“CK-4”) dan satu untuk penggunaan pada teknologi mesin yang lebih baru (“FA-4”).

Oli FA-4 bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Oli CK-4 dirancang sebagai pengganti langsung oli CJ-4, dan menawarkan peningkatan dalam ketahanan terhadap oksidasi, stabilitas geser, dan pengendalian aerasi.

Dengan adanya perubahan standar efisiensi emisi dan bahan bakar, standar industri menuntut peningkatan kemampuan untuk kendaraan dan mesin sbb:

  • Mengurangi karbon dioksida dan emisi gas rumah kaca.
  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Menjaga daya tahan mesin sekaligus meningkatkan ketahanan terhadap oksidasi, stabilitas geser, dan pengendalian aerasi.

Desain mesin yang ditingkatkan ini, membutuhkan oli mesin kendaraan niaga dengan kemampuan kinerja yang jauh melampaui kemampuan oli jenis CJ-4.

PC-11 sudah ada di sini. Oli mesin diesel CK-4 dan FA-4 sudah ada di pasaran.
PC-11 digunakan di Amerika Utara. PC-11 memiliki dampak global, tetapi aplikasi utamanya adalah di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Amerika Utara bukanlah satu-satunya wilayah yang berkomitmen untuk mengurangi gas rumah kaca; jangkauan PC-11 terbatas karena standar desain mesin dan emisi bervariasi secara global.

Walaupun PC-11 membawa beberapa perubahan praktik pemeliharaan dan pelumasan bagi para pengemudi saat ini, pemilik-operator seharusnya memandang pengenalan kategori ini sebagai suatu perubahan positif.

Karena pengujian ekstensif dan persetujuan yang telah dijalani oli PC-11 (CK-4, FA-4), pemilik-operator dapat merasa yakin bahwa mesin mereka mendapatkan pelindungan terbaik yang ada.

Pemilik-operator yang menggunakan peralatan yang lebih lama mungkin hanya mengalami dampak kecil dari PC-11 karena mereka mungkin perlu bertransisi dari oli mesin CJ-4 ke oli CK-4. Pemilik yang mengoperasikan truk yang lebih baru dengan mesin modern sebaiknya berkonsultasi dengan produsen peralatan asli (OEM) untuk mendapat rekomendasi mengenai penggunaan oli CK-4 dan FA-4. Walaupun sebagian OEM mungkin mengisi mesin yang lebih baru dari pabrik dengan oli FA-4, OEM tersebut mungkin tidak mensyaratkan agar selanjutnya menggunakan oli FA-4.

Oli CK-4 dan FA-4 juga menyediakan para pengemudi dengan opsi oli mesin yang lebih banyak dan potensi mendapatkan keuntungan penghematan bahan bakar. Berkurangnya keausan mesin dan endapan yang dihasilkan oleh pelindungan unggul yang diberikan oli ini dapat membantu pemilik-operator untuk mengurangi pemeliharaan tidak terjadwal dan meminimalkan perhentian.

Penting untuk diingat bahwa PC-11 tidak memengaruhi setiap bisnis dengan cara yang sama. Mungkin saja sebagian armada hanya mengalami dampak kecil dari PC-11.

Satu contoh armada yang mungkin merasakan dampak kecil dari PC-11 adalah yang mengoperasikan peralatan yang lebih lama dan campuran jenis mesin . Pada skenario ini, armada mungkin hanya perlu transisi dari oli mesin CJ-4 ke formulasi CK-4. Ini juga berlaku bagi peralatan luar jalan raya yang digunakan dalam operasi seperti pertambangan dan konstruksi, yang diharapkan menggunakan hanya formulasi CK-4 untuk sementara waktu. Sebagai perbandingan, opsi yang bagus untuk armada dengan campuran mesin lama dan peralatan baru adalah menyediakan formulasi CK-4 dan FA-4. Oli CK-4 akan cocok digunakan baik pada peralatan yang lebih lama maupun yang lebih baru. Tetapi jika suatu armada tertarik untuk meningkatkan penghematan bahan bakar mesinnya yang lebih baru, maka direkomendasikan oli FA-4.

Armada yang mengoperasikan truk yang lebih baru dengan mesin modern harus berkonsultasi dengan produsen peralatan asli (OEM) untuk mendapat rekomendasi mengenai penggunaan formulasi CK-4 dan FA-4. Walaupun sebagian OEM mungkin mengisi mesin yang lebih baru dari pabrik dengan oli FA-4, OEM tersebut mungkin tidak mensyaratkan manajer armada agar selanjutnya menggunakan oli FA-4. Kami mengantisipasi bahwa sebagian pemilik-operator dan armada akan menginginkan secara dini menjadi pengguna teknologi mesin modern dan oli FA-4 kinerja tinggi.

Industri ini telah meneliti implikasi teknis PC-11 secara intensif, tetapi penting untuk benar-benar memahami bagaimana perubahan spesifikasi memengaruhi praktik pemeliharaan dan pelumasan sehari-hari armada. Contohnya, armada yang menggunakan oli CK-4 dan FA-4 mungkin perlu mengimplementasikan dua sistem penyimpanan dan pembagian serta anggaran untuk sistem tambahan tersebut. Armada mungkin juga harus menyiapkan tangki dan mesinnya sebelum menggunakan oli PC-11. Walaupun oli lama dapat dicampur dengan oli PC-11 (CJ-4 dengan CK-4 atau CJ-4 dengan FA-4) untuk transisi awal, pengosongan oli panas harus dilakukan untuk membantu meminimalkan oli sisa atau “hambatan” saat pengosongan. Catatan: Praktik terbaik adalah mengosongkan tangki secara menyeluruh sebelum bertukar oli. Namun, jika tidak memungkinkan, membiarkan hingga 10 persen oli lama setelah pengosongan masih dapat diterima.

Untuk memantau kondisi peralatan dan oli, perlu dilakukan analisis oli terpakai secara terus-menerus berdasarkan aplikasi dan siklus tugas kendaraan. Awalnya, interval penggantian oli mungkin memberikan hasil yang sama. Namun, dengan bantuan ahli pelumas, armada dapat membantu memaksimalkan interval penggantian oli menggunakan pendekatan berbasis data seperti Proses Interval Penggantian Oli Optimal (ODI) ExxonMobil.

Secara keseluruhan, kategori oli mesin ini memberikan armada manfaat kinerja dan manfaat pelindungan yang penting, serta menawarkan peluang untuk membantu mengurangi konsumsi bahan bakar.

PC-11 tidak mengubah praktik terbaik yang membantu mendorong keberhasilan armada. Kenyataannya, banyak faktor keberhasilan tersebut tetap sama setelah implementasi PC-11. Ini mencakup:

  • Merekrut pengemudi yang tepat.
  • Mematuhi protokol keselamatan yang ketat untuk pengemudi di jalan raya dan di bengkel pemeliharaan.
  • Pendekatan pemeliharaan proaktif, baik internal maupun dialihdayakan.
  • Menggunakan pendekatan berbasis data untuk mengoptimalkan interval penggantian oli dan kinerja kendaraan.

Saat manajer armada mengimplementasikan PC-11, penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai berbagai ketentuan mesin dalam armada mereka, khususnya dengan mempertimbangkan kondisi operasi unik setiap mesin. Untuk membantu meminimalkan kompleksitas dan potensi kontaminasi silang yang dapat terjadi pada penggunaan banyak oli mesin, manajer armada dapat memilih untuk mempercepat atau menunda pembelian truk baru atau mempertimbangkan penstandaran mesin di seluruh armada mereka.

Namun, dengan tersedianya program pemeliharaan yang tepat dan dukungan dari pemasok pelumas berpengalaman, manajer armada dapat memanfaatkan subkategori PC-11 untuk berbagai mesin untuk mendapatkan yang terbaik dari mesin mereka dalam hal kinerja dan potensi penghematan bahan bakar. Di ExxonMobil, kami terus membantu manajer armada menganalisis armada mereka dan menentukan truk mana yang bisa dialihkan untuk menggunakan oli viskositas lebih rendah.

ExxonMobil telah bekerja erat dengan produsen besar kendaraan niaga dan pembuat mesin pada PC-11 selama beberapa tahun, dengan melakukan pengujian laboratorium dan uji coba lapangan yang ekstensif. Komitmen ExxonMobil terhadap riset dan pengembangan, dan hubungan kerja kami yang erat dengan produsen mesin dan pembuat truk terkemuka, memungkinkan kami memenuhi kebutuhan yang menantang seperti PC-11.

Sejak Juni 2017, kami telah mengumpulkan lebih dari 50 juta mil data pengujian terhadap formulasi CK-4 dan FA-4 kami. Selain itu, kami terus mengumpulkan lebih dari 1.5 juta mil data pengujian tambahan setiap bulan melalui kerja sama dengan mitra armada pilihan. Pengujian lapangan kami saat ini menyertakan sekitar 200 truk.

Sejumlah ahli teknis kami berperan penting dalam pengembangan awal serta kemajuan spesifikasi dan parameter pengujian yang merupakan bagian dari keseluruhan inisiatif PC-11. PC-11 adalah contoh lain bagaimana kami berhasil membantu pelanggan kami mengelola perubahan.

Prospek perubahan bisa jadi terasa mengintimidasi, khususnya jika terkait dengan pelumasan dan kinerja peralatan Anda. ExxonMobil berkomitmen untuk membantu pelanggan mengendalikan tantangan yang dibawa oleh kategori tersebut untuk memastikan transisi yang lancar.

Selama lebih dari 90 tahun, kami telah membantu perusahaan menyiapkan dan beroperasi berdasarkan peraturan industri, mendapatkan pengakuan dari armada angkutan truk jalan raya dan perusahaan luar jalan raya. PC-11 adalah contoh lain bagaimana kami berhasil membantu pelanggan kami mengelola perubahan.

Untuk mendukung perusahaan dengan upaya perencanaan mereka, kami membantu mengedukasi mereka mengenai potensi implikasi PC-11 terhadap operasi sehari-hari mereka. Dan dengan kategori terbagi ini, penting juga bagi pengemudi untuk memiliki pengetahuan yang lebih mengenai peralatan mereka.

Kami terus bekerja erat dengan manajer armada dan pemilik armada berbagai ukuran armada setiap hari. Selain alat bantu edukasi yang kami kembangkan, ahli lapangan kami membantu manajer armada menentukan pilihan oli yang tepat untuk bisnis mereka.

ExxonMobil bekerja erat dengan produsen besar kendaraan niaga dan pembuat mesin tentang PC-11 selama beberapa tahun, dengan melakukan pengujian laboratorium dan uji coba lapangan yang ekstensif terhadap oli viskositas rendah sejak Januari 2011. Sejak Juni 2017, kami telah mengumpulkan lebih dari 50 juta mil data pengujian dan bekerja erat dengan mitra armada pilihan untuk mengumpulkan lebih dari 1.5 juta mil data pengujian tambahan setiap bulan. Pengujian lapangan kami saat ini menyertakan sekitar 200 truk.

Kami juga memiliki sejumlah ahli teknis yang berperan penting dalam pengembangan awal serta kemajuan spesifikasi dan parameter pengujian yang merupakan bagian dari keseluruhan inisiatif PC-11, dengan memegang posisi ketua pada Panel Penasihat Oli Mesin Diesel dan Satuan Kerja Pengembangan Pengujian T-13.

Kategori ini dibagi menjadi dua viskositas yang berbeda: Terdapat viskositas suhu tinggi/geser tinggi (high temperature/high shear viscosity/ HTHS) tradisional dan viskositas HTHS rendah, yang kedua bertujuan mencapai peningkatan penghematan bahan bakar.

Oli CK-4 memiliki viskositas HTHS tradisional. Oli ini menyediakan manfaat kinerja yang melampaui oli mesin CJ-4 saat ini, termasuk peningkatan ketahanan terhadap oksidasi, stabilitas geser, dan pengendalian aerasi untuk meningkatkan kinerja dan daya tahan mesin, selagi tetap mempertahankan kompatibilitas mundur untuk memenuhi merek dan model lama. Oli CK-4 tersedia dalam tingkat viskositas 5W-30 (segera hadir), 5W-40, 10W-30, dan 15W-40, dan cocok untuk mesin jalan raya yang lebih lama. Oli FA-4 memiliki viskositas HTHS lebih rendah. Selain memenuhi ketentuan kinerja kategori, termasuk peningkatan ketahanan terhadap oksidasi, stabilitas geser, dan pengendalian aerasi, oli FA-4 dirancang untuk menyediakan peningkatan penghematan bahan bakar, tetapi hanya tersedia dalam tingkat viskositas 5W-30.

Dibandingkan dengan CK-4, oli FA-4 memiliki kompatibilitas mundur yang lebih terbatas. Setiap OEM mesin akan menentukan kompatibilitas mundur oli FA-4 untuk lini produk mereka. Akibatnya, armada yang memiliki mesin yang termasuk dalam standar kompatibilitas mundur yang ditetapkan oleh OEM dapat menggunakan oli FA-4 di seluruh armada mereka.

Kedua tingkat atau subkategori tersebut memungkinkan pilihan oli mesin dengan penghematan bahan bakar yang lebih baik. Oli CK-4 akan mempertahankan ketentuan viskositas suhu tinggi/geser tinggi (HTHS) minimal 3.5 cP yang ditujukan untuk kendaraan yang lebih lama, tetapi masih diharapkan dapat digunakan di semua mesin. Tetapi, beberapa teknologi mesin baru akan dirancang untuk memanfaatkan opsi viskositas HTHS yang lebih rendah yang merupakan bagian dari subkategori FA-4.

“Kompatibilitas mundur” berarti bahwa oli mesin PC-11 dapat digunakan pada mesin lama juga. Contohnya, oli CK-4 dirancang sebagai pengganti langsung oli CJ-4. Namun, terkait dengan oli FA-4, potensi kompatibilitas mundurnya adalah spesifik untuk setiap produsen peralatan asli (OEM) mesin dan model mesin individual mereka.

Untuk menentukan kompatibilitas mundur, sebagian besar OEM secara aktif menjalani pengujian lapangan. Beberapa OEM memiliki keinginan jelas untuk kompatibilitas mundur oli FA-4 yang luas bagi mesin model tahun 2013 mereka, atau bahkan mesin model tahun 2010 mereka.

Langkah pertama dalam menyiapkan peralihan ke formulasi berkategori PC-11 adalah berkonsultasi dengan pemasok pelumas Anda untuk memastikan Anda memilih pelumas yang tepat bagi kendaraan Anda. Setelah pemasok Anda membantu memilih oli, maka yang terbaik adalah mengikuti rekomendasi servis mesin dari produsen peralatan asli, dan memantau serta menguji oli Anda untuk menentukan interval pemeliharaan optimal untuk mesin spesifik dan oli Anda dalam lingkungan operasinya. Hubungi distributor untuk mempelajari lebih lanjut.

Kedua oli mesin diesel PC-11 telah melalui penelitian dan pengembangan yang mendasar, memastikan teknologi pelumas memenuhi target kinerja selagi meningkatkan pelindungan keausan mesin Setelah terbukti melalui pengujian lapangan yang ekstensif, oli mesin PC-11 (CK-4, FA-4) Mobil Delvac™ diumumkan pada 20 September 2016. Sejak Juni 2017, kami telah mengumpulkan lebih dari 50 juta mil data pengujian terhadap formulasi CK-4 dan FA-4 kami. Kami masih mengumpulkan lebih dari 1.5 juta mil per bulan data pengujian tambahan bersama mitra armada pilihan. Pengujian lapangan kami saat ini menyertakan sekitar 200 truk.

Jawabannya tergantung rekomendasi yang ditetapkan oleh produsen peralatan asli Anda dan jenis peralatan dalam armada Anda. Misalnya, sebuah armada yang mengoperasikan peralatan lama dan campuran jenis mesin akan mungkin hanya perlu transisi dari oli CJ-4 ke formulasi CK-4.

Tetapi, armada yang mengoperasikan campuran peralatan lama dan baru boleh memilih untuk menyediakan formulasi CK-4 dan FA-4. Walaupun oli CK-4 akan cocok untuk digunakan pada mesin lama dan baru, armada yang ingin meningkatkan penghematan bahan bakar dapat memilih untuk menggunakan oli FA-4 untuk mesin baru mereka.

Kami menyarankan armada agar mengikuti rekomendasi pelumas produsen peralatan asli (OEM). Selain itu, penting untuk diingat bahwa oli FA-4 mungkin memiliki kompatibilitas mundur yang terbatas.

Tetapi jika ada keinginan untuk hanya menggunakan oli FA-4, mungkin untuk kemudahan agar tidak perlu menyediakan dua oli mesin, kami merekomendasi armada tersebut bekerja dengan pemasok pelumasnya dan mitra OEM. Dengan demikian, itu akan membantu armada menentukan jaminan yang tepat, tingkat viskositas, dan masalah kompatibilitas mundur yang khusus sesuai rekomendasi OEM.

Peralatan luar jalan raya digunakan dalam operasi seperti pertambangan dan konstruksi dan mungkin hanya perlu transisi dari formulasi CJ-4 ke formulasi CK-4.

Dengan meningkatkan ke oli CK-4, peralatan luar jalan raya dapat memperoleh keuntungan dari peningkatan kinerja yang sama seperti yang disediakan oleh spesifikasi PC-11 – peningkatan ketahanan oksidasi, stabilitas geser, dan pengendalian aerasi. Oli CK-4 juga akan memberikan peningkatan pelindungan untuk peralatan luar jalan raya dan potensi yang lebih besar untuk interval penggantian oli yang panjang – yang keduanya merupakan keuntungan sangat penting mengingat kondisi menantang tempat peralatan beroperasi setiap hari.

Spesifikasi PC-11 oli FA-4 dengan viskositas lebih rendah menawarkan operator opsi oli mesin yang lebih banyak untuk memaksimalkan manfaat penghematan bahan bakar dan pada saat yang sama mempertahankan pelindungan yang mereka perlukan untuk menjaga kendaraan tetap bekerja secara efisien.

Operator dapat yakin bahwa oli FA-4 dengan viskositas lebih rendah sesuai dengan PC-11, telah menjalani pengujian industri yang ekstensif untuk memastikan agar pelindungan mesin tidak terganggu. Pengujian tersebut menentukan apakah formulasi PC-11 dapat menyediakan peningkatan pelindungan mesin dengan mengevaluasi rentang faktor yang luas, termasuk stabilitas oksidasi, pengendalian aerasi, stabilitas geser, goresan/keausan adhesif, konsumsi oli, dan pembentukan endapan. Data pengujian yang kami kumpulkan sejauh ini menunjukkan bahwa oli FA-4 dengan viskositas lebih rendah menunjukkan pelindungan mesin lebih unggul dibandingkan dengan oli CJ-4.

Armada yang mengoperasikan truk yang lebih baru dengan mesin modern harus berkonsultasi dengan produsen peralatan asli (OEM) untuk mendapat rekomendasi mengenai penggunaan formulasi CK-4 dan FA-4. Walaupun diharapkan bahwa sebagian OEM akan mengisi kendaraan yang dibuat setelah Januari 2017 dengan oli FA-4 dari pabrik, berdasarkan panduan OEM yang kami terima hingga saat ini, kemungkinan mereka tidak mensyaratkan agar selanjutnya menggunakan oli FA-4.

Pada dasarnya, formulasi CK-4 dengan viskositas lebih tinggi akan memberikan keuntungan kinerja yang sama dengan oli FA-4 dengan viskositas lebih rendah, termasuk peningkatan ketahanan terhadap oksidasi, stabilitas geser, dan pengendalian aerasi. Perbedaan utamanya adalah bahwa oli FA-4 akan menawarkan keuntungan penghematan bahan bakar dibandingkan dengan formulasi CK-4.

Kami merekomendasi armada agar benar-benar mengikuti pedoman OEM.

Karena armada mendapatkan lebih banyak waktu dengan oli berkategori PC-11 dan ingin lebih jauh mengoptimalkan interval penggantian oli, praktik terbaik untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan interval penggantian oli dengan oli CJ-4 saat ini praktis tetap sama seperti oli sesuai PC-11 yang ditawarkan. Namun, dengan digunakannya oli berkategori PC-11, kami merekomendasi menyusun acuan baru untuk interval penggantian oli dengan melakukan analisis oli terpakai. Kami sarankan armada bekerja erat dengan mitra pelumas tepercaya yang dapat menyediakan keahlian tepat pada subkategori PC-11. Penting bagi armada untuk menentukan solusi pemeliharaan terbaik guna membantu mengoptimalkan interval penggantian oli dan melindungi mesin kendaraan mereka. Kami menawarkan proses empat langkah untuk mengoptimalkan interval pengurasan oli. Proses Interval Penggantian Oli Optimal (ODI) ExxonMobil telah membuahkan hasil yang luar biasa untuk armada berbagai ukuran; kami merekomendasi proses berbasis data untuk armada saat mereka mengimplementasikan oli sesuai PC-11 dalam operasi mereka. Setelah interval penggantian oli dengan acuan baru tersedia, personel pemeliharaan dan ahli teknis ExxonMobil dapat menilai dengan lebih baik bagaimana kinerja oli tersebut dan apakah mereka dapat memperoleh keuntungan dari sifat kinerja yang ditawarkan oleh kategori tersebut.

Anda seharusnya akan melihat beberapa perubahan kecil dalam hasil yang lazim, misalnya tingkat aditif. Pelajari lebih lanjut mengenai Analisis Pelumas Mobil Serv℠.

Tidak, tidak ada standar pengujian penghematan bahan bakar. Produsen peralatan asli mungkin menyatakan mesin mereka menggunakan oli FA-4 untuk penilaian emisi gas rumah kaca. Pemasok pelumas bertanggung jawab mengidentifikasi dan memastikan klaim manfaat penghematan bahan bakar produk mereka.

Untuk alasan kompetitif dan hak kepemilikan, kami tidak dapat menyediakan detail spesifik pekerjaan kami dengan produsen truk dan mesin terkemuka.

Kami telah bekerja bertahun-tahun dengan para pemimpin industri dalam subkategori pelumas PC-11 dan dalam memajukan teknologi mesin. Seperti ExxonMobil, pemimpin industri dan produsen peralatan tersebut telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam mempersiapkan peluncuran PC-11.

Sebagian besar OEM turut serta dalam pengujian lapangan untuk menentukan kompatibilitas mundur oli FA-4 pada model mesin yang lebih lama. Tetapi, beberapa produsen mesin dan OEM luar jalan raya tidak tertarik untuk menggunakan oli FA-4.