Teknisi bekerja pada turbin

Pertanyaan umum (FAQ) Aplikasi

Lazimnya, manual pembuat peralatan menyertakan rekomendasi mengenai interval penggantian oli dan jadwal pemeliharaan terkait lainnya. Kami juga merekomendasi penggunaan alat bantu seperti Analisis Pelumas Mobil ServSM untuk menentukan apakah oli yang sedang digunakan perlu penggantian. Baca selengkapnya mengenai program Analisis Pelumas Mobil Serv di sini atau hubungi distributor Anda untuk informasi lebih lanjut.

Secara umum, usia penyimpanan yang direkomendasi untuk oli dan gemuk adalah lima tahun, jika disimpan dengan benar dalam wadah bersegel asli. Namun, berbagai faktor dapat memengaruhi usia penyimpanan yang direkomendasi.

Mencampur gemuk yang berbeda, bahkan dengan jenis pengental yang sama, terkadang dapat berujung pada pelumasan yang tidak efektif sehingga mengakibatkan kerusakan komponen yang dilumasi. Jika tidak segera diketahui, ini dapat mengakibatkan kerusakan peralatan.

Banyak bantalan berelemen rol yang memerlukan pelumasan ulang gemuk dalam jumlah kecil antara interval pembilasan gemuk. Ini dilakukan paling bagus dengan pistol gemuk tekanan rendah. Jika penyekat dalam kondisi bagus, jumlah gemuk yang diperlukan mungkin sedikit dan tidak sering.

  1. Periksa jumlah gemuk pada bantalan – lepaskan fiting atau sumbat gemuk agar gemuk berlebih dapat keluar.
  2. Periksa bantalan dan penyekat untuk melihat kebocoran berlebih.
  3. Aplikasikan beberapa “tembakan” gemuk satu per satu.

Sebelum mengaplikasikan gemuk baru, bersihkan secara menyeluruh – atau bilas – gemuk sebelumnya dari bantalan. Ini akan menghindari masalah kompatibilitas dan membantu memastikan bahwa gemuk baru dapat menunjukkan kinerjanya pada tingkat optimal.

Jika ini tidak bisa dilakukan, tindakan peringanan harus berfokus pada meminimalkan jumlah sisa gemuk yang dipindahkan dalam aplikasi, misalnya dengan menambah frekuensi pelumasan ulang untuk mempermudah penyingkiran gemuk lama secara tepat waktu.

Jika bantalan mudah terkena kontaminasi, mungkin perlu melakukan pelumasan ulang lebih sering.

Kontaminasi akan menyebabkan operasi yang tidak normal seperti panas, bising, getaran atau bantalan bocor. Pastikan untuk menemukan, melaporkan, dan bertindak atas kondisi tersebut.

Pastikan untuk membersihkan semua kelebihan gemuk dan kotoran dari bantalan dan area sekelilingnya. Gemuk berlebih dan kotoran pada permukaan luar bertindak sebagai isolator dan mencegah pelepasan panas. Selain itu, gemuk berlebih pada permukaan luar dan lantai dapat menimbulkan bahaya keselamatan bagi personel.

Produsen bantalan selalu merekomendasi jumlah gemuk yang akan diaplikasikan ke bantalan berdasarkan berat atau volume. Pistol gemuk dapat dikalibrasi dengan menghitung jumlah tembakan untuk mengeluarkan jumlah gemuk yang diketahui.

Sayangnya, tidak ada satu jawaban pun karena ada begitu banyak faktor yang memengaruhi frekuensi pelumasan ulang.

Umumnya, semakin kecil bantalan dan semakin tinggi kecepatannya, semakin jarang frekuensi interval untuk pelumasan ulang dengan gemuk. Bantalan yang lebih besar dan lebih lambat memerlukan pelumasan ulang yang lebih sering.

Jenis bantalan yang berbeda memerlukan frekuensi pelumasan ulang yang berbeda pula:

  • Bola radial = interval acuan
  • Rol silindris = 5 kali lebih sering
  • Dorong-bola dan rol = 10 kali lebih sering

Ikuti langkah ini untuk bantalan yang dilengkapi dengan fiting dan saluran pengeluaran:

  1. Lepaskan sumbat pengeluaran bawah; bersihkan gemuk yang mengeras.
  2. Seka fiting gemuk hingga bersih.
  3. Pompakan gemuk ke dalam fiting sampai gemuk lama tersingkir dan gemuk baru muncul. Jika aman dan praktis, lebih baik menjalankan mesin selagi melakukan tugas ini.
  4. Selagi sumbat pengeluaran dilepas, biarkan mesin berjalan pada suhu operasi. Ini memungkinkan gemuk memuai dan mendorong kelebihannya keluar dari lubang orifis, sehingga melepaskan tekanan internal. Gemuk berlebih akan berhenti keluar ketika tekanan normal pada rumah bantalan tercapai (sekitar 10 hingga 30 menit).
  5. Bersihkan dan pasang kembali sumbat pengeluaran.

Ikuti langkah ini untuk bantalan yang dilengkapi dengan fiting dan tanpa saluran pengeluaran:

  1. Jika aman, lepas fiting selagi peralatan berjalan pada suhu operasi untuk memungkinkan kelebihan gemuk dibersihkan dari dalam bantalan.
  2. Bersihkan dan pasang kembali fiting. Pompakan gemuk dalam jumlah terbatas ke dalam bantalan agar penyekat gemuk tidak rusak.
  3. Lepaskan fiting dan biarkan peralatan berjalan pada suhu operasi selama beberapa menit untuk menyingkirkan gemuk berlebih. Jika tidak terlihat gemuk yang menyingkir, bantalan tersebut kemungkinan besar sangat kering; ini memerlukan pengulangan langkah 2 dan 3 hingga kelebihan gemuk menyingkir.
  4. Pasang kembali fiting gemuk.

Ikuti langkah ini untuk bantalan yang dilengkapi dengan fiting jenis pelepas dan tanpa saluran pengeluaran:

  1. Bersihkan fiting dan pompakan gemuk ke dalam bantalan hingga gemuk keluar dari fiting pelepas.
  2. Jika, setelah gemuk dipompakan dalam jumlah yang banyak, gemuk tidak keluar dari fiting pelepas, celah pelepas mungkin tersumbat. Lepaskan fiting pelepas dan bersihkan celah pelepas atau ganti dengan fiting baru. Ulangi langkah 1 setelah fiting dibersihkan atau diganti.
  3. Jalankan peralatan pada suhu operasi dan periksa kelebihan gemuk pada fiting pelepas.
Jumlah gemuk yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kerusakan bantalan akibat kurangnya pelumasan. Sebaliknya, pelumasan berlebih juga dapat menyebabkan kerusakan bantalan dan menimbulkan masalah akibat berpindahnya pelumas ke dalam kumparan.

Suhu yang lebih tinggi meningkatkan laju oksidasi gemuk, biasanya dua kali lipat untuk setiap kenaikan 10°C (18°F) di atas 65°C (150°F). Gemuk menjadi lebih lunak saat suhu meningkat dan dapat menjadi cukup cair untuk keluar dari rumah bantalan. Dan pemisahan oli serta volatilitas juga meningkat mengikuti suhu.

Oleh karena itu, operasi suhu tinggi memerlukan pelumasan ulang lebih sering; gemuk suhu tinggi yang memiliki kemampuan untuk menjaga kestabilan struktural, pemisahan oli, volatilitas, dan oksidasi tetap terkendali dapat membantu memperpanjang frekuensi tersebut.

Intervensi terhadap mesin memerlukan pra analisis-risiko untuk mengidentifikasi potensi kecelakaan selama atau sebagai akibat dari pemeliharaan dan oleh karena itu tentukan urutan acara yang aman dan alat pelindung yang diperlukan.

Waspadalah khususnya terhadap penumpukan tekanan tinggi dalam alat pengisi atau dalam bantalan saat melakukan operasi pemberian gemuk ulang.

Selama mengaplikasikan, terlebih dahulu periksa jumlah gemuk dalam bantalan dengan melepaskan fiting atau sumbat gemuk serta melihat apakah ada gemuk yang dikeluarkan. Lalu periksa bantalan dan penyekat untuk melihat kebocoran berlebih.

Ya, dengan ketentuan berikut:

  • Jika jumlah oli sedikit, hanya menutupi titik rendah pada permukaan gemuk.
  • Gemuk mudah menyerap oli tersebut saat diaduk.

Bantalan tidak boleh diberi gemuk lebih dari dua pertiga penuh – menyisakan satu pertiga ruang udara – untuk memungkinkan operasi optimal.

Lihat manual pembuat bantalan untuk menentukan jumlah tepat gemuk yang diperlukan.

Simpan bantalan Anda dalam kemasan aslinya. Cara terbaik untuk menyimpan bantalan adalah dalam posisi horizontal di tempat kering dan dalam kemasan aslinya yang belum dibuka. Jangan menempatkan bantalan pada permukaan kotor.

Putar bantalan Anda selagi dalam penyimpanan. Untuk bantalan yang sudah diberi gemuk, balikkan secara berkala bantalan dengan penyekat dan dengan pelindung untuk mencegah gemuk mengendap di satu sisi.

Gunakan bantalan yang identik untuk penggantian.

Jika perlu, hubungi produsen atau distributor bantalan resmi untuk informasi penggantian.

Jangan mencuci bantalan baru sebelum pemasangan. Produsen bantalan sangat berhati-hati mengemas dan mengirim bantalan yang bebas kotoran dan siap mendapat pelumasan. Tidak perlu untuk mencuci atau melepas kompon lapisan pelindungnya.

Kebisingan, getaran, dan suhu berlebihan Memastikan kewaspadaan yang tepat terhadap tanda tersebut adalah sangat penting dalam menjaga operasi Anda. Instrumen pemantauan kondisi tersedia untuk membantu Anda menemukan bantalan dalam kondisi operasi yang buruk.